Kamis, 30 Juni 2011

Manusia dan penderitaan


Dalam kamus besar bahasa Indonesia penderitaan berasal dari kata dasar derita yang mempunyai arti sesuatu yg menyusahkan yang ditanggung dalam  hati (spt kesengsaraan, penyakit). ia telah merasakan berbagai --;
men·de·ri·ta v menanggung sesuatu yg tidak menyenangkan: ia ~ penyakit asma;
ter·de·ri·ta v tertanggung; tertahan(kan): sakitnya tiada ~;
de·ri·ta·an n derita;
pen·de·ri·ta n orang yg menderita (kesusahan, sakit, cacat, dsb);
pen·de·ri·ta·an n keadaan yg menyedihkan yg harus ditanggung; penanggungan: aku tidak tega melihat ~ pengungsi.
Penderitaan dan kata derita.Kata derita berasal dari kata bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung.Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau bathin, atau lahir bathin. Yang termasuk penderitaan itu ialah keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dan lain – lain.
Menurut kitab suci pada agama-agam yang ada penderitaan manusia dianggap sebagai peringatan bagi manusia. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

sumber : www.artikata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar