Kamis, 30 Juni 2011

Keindahan sebagai suatu kualitas dan benda yang abstrak

Keindahan sebagai suatu kualitas dan benda yang abstrak

keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok , sedangkan pengertian kualitas adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Dari kedua pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa keindahan sebagai kualitas adalah suatu keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok yang memiliki tingkatan baik atau buruk juga memiliki taraf atau derajat sesuai dengan sudut pandang suatu objek menilai kualitas dari suatu keindahan tersebut.
Kata benda Yunani klasik untuk "keindahan " adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk "indah" itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios,  kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti "jam." Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan "berada di jam (waktu) yang sepatutnya. Sedangkan Benda abstrak, benda yang kasat mata, tidak jelas, dan tidak terdefinisi. Dapat kita simpulkan keindahan juga dapat dilihat dari suatu objek yang yang tidak jelas, atau pun tidak dapat langsung dinikmati secara kasat mata, maupun dari objek-objek yang sulit atau mungkin tidak terdefinisi kan.
Hal ini bisa kita lihat seperti pada contoh kita dihadapkan pada suatu pagelaran lukisan modern yang bersifat abstrak, sebagai orang awam kita tentu saja menilai lukisan tersebut tidak memiliki nilai seni Karena hanya berupa coretan cat lukis yang berantakan, di sisi lain para pecinta lukisan abstrak mengagumi lukisan-lukisan tersebut dan menganggap lukisan tersebut memiliki nilai keindahan lebih dibandingkan dengan lukisan perspektif lainnya, inilah yang disebut terkadang suatu keindahan memiliki kualitas pada benda-benda abstrak.

Sumber : andiidian.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar